yang

Rabu, 06 Januari 2016

perjalanan ruh manusia setelah mati


Sudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah.
Mendengar kata Perjalanan Ruh, iiih..sereem seperti membuka sebuah misteri gelap yang sulit untuk dibayangkan dengan kata-kata.Kenapa .., karena begitu dasyatnya peristiwa perjalanan Ruh manusia setelah meninggal dunia.
Gambaran sekilas tentang akhir dari kehidupan manusia, kemudian menjelaskan perjalanan panjang Ruh diantara langit dan bumi hingga ia mencapai tempatnya yang tetap yaitu : Mendapat azab atau nikmat,
Oleh karena itu hendaklah kita banyak-banyak memohon kepada Allah swt Karunia serta ampunan dari hal-hal  yang bisa menyebabkan kemurkaan dan siksaan Allah swt.

Rasulullah sholallahu alayhi wasalam bersabda :
Dalilnya adalah hadits al-Bara’ bin ‘Azibradhiyallahu ‘anhu,

خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ فِي جَنَازَةِ رَجُلٍ  مِنَ الْأَنْصَارِ، فَانْتَهَيْنَا إِلَى الْقَبْرِ

وَلَمَّا يُلْحَدْ,فَجَلَسَ رَسُولُ اللهِ وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ كَأَنَّمَا  عَلَى رُءُوسِنَا الطَّيْرُ

وَفِي يَدِهِ عُودٌ يَنْكُتُ بِهِ فِي الْأَرْضِ، فَرَفَعَ رَأْسَهُ، فَقَالَ: اسْتَعِيذُوا بِاللهِ

مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ -مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا-…. الْحَدِيْثَ

“Kami keluar bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pada acara mengantar jenazah seorang pria dari kaum Anshar. Kami sampai ke kuburan sementara lahadnya belum siap. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam duduk dan kami pun duduk di sekeliling beliau seakan-akan di atas kepala-kepala kami ada burung. Di tangan beliau ada kayu untuk mencocok / menggores di tanah saat berpikir. Kemudian beliau mengangkat kepala dan bersabda, :

اِسْتَعِيْذُوا بِاللّهِ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

‘Berlindunglah kepada Allah dari azab kubur—dua kali atau tiga kali’ …. dst.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan al-Hakim. Al-Hakim menyatakannya sahih menurut syarat al-Bukhari-Muslim, dibenarkan oleh adz-Dzahabi dan al-Albani. Hadits ini dinyatakan sahih pula oleh Ibnul Qayyim dalam I’lam al-Muwaqqi’in dan Tahdzib as-Sunan).

Kemudian Rasulullah berdoa :

اللّهمَ إِنّي أَعُوذُذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

" Yaa Allah ,aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur "
Beliau mengucapkannya hingga tiga kali.Kemudian Rasulullah bersabda :
" susungguhnya seorang hamba yang beriman ,jika ia mati terputus dari kehidupan dunia lalu menuju ke kehidupan akhirat , niscaya akan turun kepadanya  para malaikat kepadanya dari langit dengan wajah putih bersinar, sehingga seakan-akan wajah mereka adalah matahari . dimana mereka para malaikat membawa kain kafan dan wangi kamper jenazah dari syorga dan mereka para malaikat duduk sejauh mata memandang . Tidak lama kemudian datang malaikat maut alayhissalam dan duduk disamping kepala jenazah orang yang beriman tersebut seraya berkata " wahai ruh yang baik , dalam riwayat lain : ruh yang tentram ,keluarlah kamu menuju ampunan Allah dan keridhoan-Nya "
Kemudian ruh itu keluar menetes bagaikan tetesan air yang keluar dari mulut bejana / teko minuman. Dan malaikat maut mengambilnya hingga ketika ruh itu keluar ,maka setiap malaikat yang ada antara langit dan bumi ,dan juga setiap  malaikat yang ada dilangit mendoakannya,kemudian dibukakan baginya pintu-pintu langit, dan tidak ada satupun malaikat penjaga pintu langit kecuali mereka para malaikat mendoakan kepada Allah supaya menaikkan ruhnya dari arah mereka.
Ketika malaikat maut mengambilnya , maka ruh itu tidak dibiarkan berada dalam genggaman tanganya sekejab matapun melainkan mereka segera mengambilnya dan meletakkannya diatas kain kafan yang mereka bawa dari syorga yang telah ditaburi kamper dari syorga . sebagaimana difirmankan oleh Allah :


         تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ


" ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.
( qs.al An'am : 61 ).

Kemudian dari dalam kain kafan tersebut menyebar aroma harum bagaikan harum minyak kasturi terbaik yang belum pernah anda temukan dimuka bumi .
Selanjutnya para malaikat  membawanya naik ke langit ,dan tidaklah ruh itu dibawa melewati sekelompok malaikatpun , kecuali para malaikat bertana " Ruh siapakah ini yang menyebarkan aroma harum ..? Para malaikat yang membawa menjawab " ini Ruh fulan bin fulan , seraya mereka menyebutkan sejumlah nama panggilan yang baik yang biasa dipanggilkan padanya sewaktu di dunia,hingga mereka tiba dipintu langit dunia.mereka meminta dibukakan pintu kepada penjaganya ,lalu penjaganya membukakannya untuk mereka , hingga sampai ke langit tujuh.Kemudian Allah berfirman :
" Tulislah kebaikan pada lembaran amal hambaku ini ke iliyyin "

وَمَا أَدْرَاكَ مَا عِلِّيُّونَ

Tahukah kamu apakah 'Illiyyin itu?

كِتَابٌ مَرْقُومٌ

(Yaitu) kitab yang bertulis,

يَشْهَدُهُ الْمُقَرَّبُونَ

yang disaksikan oleh malaikat-malaikat yang didekatkan (kepada Allah). ( qs.al Muthoffifin:19-21 )

Kemudian Allah berfirman : Kembalikanlah ruh ini ke bumi, karena Aku telah berjanji kepada mereka ,bahwa darinya aku menciptakan mereka ,padanya aku mengembalikan mereka , dan darinya aku akan mengeluarkan mereka kembali pada kesempatan yang lain . kemudian ruh itu dikembalikan ke bumi, dan ruh itu dikembalikan ke jasadnya.

Demikian sedikit pengetahuan tentang perjalanan ruh orang yang beriman. Semoga Allah tetap menjaga kita semua dari ketaatan kepada-Nya .amiin

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

من دلّ على خيرٍ فله مثلُ أَجْرِ فَاعله

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan " ( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik tanda tanda < < <  -  > > >.  atau klik  BERANDA



                                                klik disini - - ->> topariil.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tata tertib berkomentar di blog top aril
1.Sopan , membangun.
2. Singkat dan bebas SARA.

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. terima kasih