yang

Kamis, 07 Januari 2016

perjalanan ruh manusia setelah mati ( 3 )


Perjalanan ruh orang kafir atau ruh orang yang durhaka tentu berbeda dengan perjalanan ruh orang-orang yang beriman. Pastinya lebih sadis ,lebih mengerikan siksaannya. Ini bersasarkan sabda Rasulullah sholallahu alayhi wasalam, dimana beliau bersada : " Sesungguhnya orang yang durhaka , jika ia terputus dari kehidupan dunia atau mati dan akan menghadapi kehidupan akhirat ,akan turun kepadanya malaikat yang kasar lagi keras dengan wajah yang hitam pekat dan membawa kain kafan yang kasar dari neraka ,kemudian mereka para malaikat akan duduk dihadapan orang yang mati tersebut sejauh mata memandang . Tidak lama kemudian datang malaikat maut dan duduk disamping kepalanya , seraya berkata " Wahai Ruh yang keji ( menjijikkan ) , keluarlah menuju kemurkaan serta kebencian Allah " .

Kemudian Rasulullah melanjutkan " Selanjutnya malaikat maut memaksa ruh orang tersebut terpisah dari jasadnya dan mencabut ruh nya bagaikan mencabut besi tusukan daging yang bercabang banyak dari bulu domba yang basah ,dimana turut terputus urat-urat dan saraf- saraf bersamaan dengan tercabutnya ruh.

Kemudian setiap malaikat yang ada diantara langit dan bumi dan malaikat yang ada dilangit melaknatnya,dan pintu-pintu langit dikunci serta tidak ada malaikat penjaga pintu langitpun. Kecuali mereka para malaikat berdoa kepada Allah supaya tidak menaikkan ruh itu dari arah mereka. Ketika malaikat maut mengambilnya ,maka ruh tersebut tidak dibiarkan berada dalam genggaman tangannya sekejap matapun melainkan mereka para malaikat segera mengambilnyan serta meletakkannya diatas kain kafan yang kasar tadi.

Setelah itu menyebar dari dalam kain kafan itu seperti bau bangkai paling busuk yang pernah kamu temukan dibumi.
Kemudian para malaikat membawanya ke langit ,dan tidaklah para pembawa melewati sekelompok malaikatpun melainkan akan bertanya " Ruh siapakah yang keji ( menjijikkan ) ini .? Mereka menjawab " Ini Ruh fulan bin fulan " seraya menyebutkan nama-nama panggilan yang buruk yang biasa dipanggilkan kepadanya sewaktu didunia,Sehingga mereka para malaikat tiba dipintu langit dunia ,lantas meminta supaya dibukakan pintu untuknya ,tetapi malaikat penjaganya tidak mau membukanya.

Kemudian Rasulullah membaca ayat alqur'an :

إِنَّ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلَا

يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّىٰ يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ الْخِيَاطِ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي

الْمُجْرِمِينَ.

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.( Qs.al A'raf : 40 ).

Selanjutnya Allah swt berfirman : " Catatlah buku catatan amalnya di Sijjin,yaitu dibagian lapisan bumi paling bawah. Lantas dikatakan " Kembalikanlah Ruh hambaku ini kebumi karena Aku telah berjanji kepada mereka bahwa darinya Aku menciptakan mereka dan darinya Aku akan mengembalikan mereka serta darinya Aku akan mengeluarkan mereka pada kesempatan yang lain " . Setelah itu Ruhnya dilemparkan dari langit dengan keras sekali ,sehingga jatuh menimpa jasadnya "

Lalu Rasulullah sholallahu alayhi wasalam membacakan ayat al-Qur'an :

 وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ الطَّيْر

ُ أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ سَحِيقٍ

 "... Barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh ".
( Al-Hajj : 31 ).
Kemudian Ruhnya kembali ke dalam jasadnya.

Demikian sedikit pengetahuan tentang perjalanan ruh orang yang kafir atau durhaka kepada Allah. Semoga Allah tetap menjaga kita semua dari ketaatan kepada-Nya serta tidak henti-hentinya kita memohon perlindungan , ampunan kepadaNya . amiin

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فله مثلُ أجْرِ فَاعِلِهِ

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik tanda tanda
 < < < - > > > atau BERANDA

Klik dsini - ->>  topariil.blogspot.com












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tata tertib berkomentar di blog top aril
1.Sopan , membangun.
2. Singkat dan bebas SARA.

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. terima kasih