yang

Rabu, 06 Januari 2016

jangan makan / minum dengan tangan kiri


Kenapa siih... harus makan ,minum dengan menggunakan tangan kiri. Padahal kita memiliki tangan kanan dan itu lebih baik untuk digunakan sebagai penghantar makan dan minum.
Atau tidak peduli dengan tangan yang mana untuk makan dan minum.
Naah kebiasaan seperti ini tentu tidaklah baik jika dikerjakan oleh seorang mukmin.maka saat kapan kita harus menggunakan tangan sebelah kanan atau kiri.kalau kita sedang berlatih tinju atau bela diri , dua-duanya boleh kita gunakan untuk melumpuhkan atau menjatuhkan lawan.atau ingin digunakan untuk mengangkat sesuatu benda yang harus menggunakan kedua tangan.Akan tetapi ketika seorang yang dianggap beriman kepada Allah dan Rasul-Nya,tentu kita mengikuti cara bagaimana Rasulullah ketika makan atau minum.Sampai-sampai Rasulullah benar-benar melarang makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.
Rasulullah bersabda dari hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

لا تأكلوا بالشِّمالِ ، فإنَّ الشَّيطانَ يأكلُ بالشِّمالِ

“janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri” (HR. Muslim 2019).

Ingat Perkataan Rasulullah ,beliau adalah suri tauladan atau contoh yang harus diteladani oleh setiap kaum muslimin bahwa makan , minum dengan menggunakan tangan kiri adalah kebiasaan setan. Sedangkan setan adalah makhluk jahat yang mengajak kepada kesesatan serta menjerumuskan manusia , kenapa kita mengikuti cara-cara kebiasaan yang dilakukan oleh setan, kok sepertinya kurang akal bingiit... gituu loh...

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Dari keterangan hadits diatas menunjukkan bahwa beliau Rasulullah membiasakan makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan, karena makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri adalah kebiasaan setan.dan beliau selalu mendahulukan tangan kanan dalam setiap memulai aktifitas.

Sebagaimana hadits ‘Aisyah radhiallahu’anha:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ

وَطُهُورِهِ فِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya” (HR. Bukhari 168).
Allahu a'lam


Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain


مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
---------------------------------------------------------------------

Silahkan buka halaman klik tanda dibawah < <  - > >   atau kliik BERANDA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tata tertib berkomentar di blog top aril
1.Sopan , membangun.
2. Singkat dan bebas SARA.

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. terima kasih