yang

Rabu, 06 Januari 2016

perjalanan ruh manusia setelah mati (2)


Kengerian apa lagi setelah manusia meninggal dunia atau mati, iiiihh....sungguh mengerikan.
Ketika manusia mati kemudian diantar oleh keluarga,kawan, saudara ke pemakaman , lalu dikuburkan apa yang terjadi selanjutnya. Rasulullah sholallhu alayhi wasalam bersabda :

Di antaranya adalah hadits riwayat Bukhari dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu.

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا وُضِعَ فِي قَبْرِهِ وَتَوَلَّى عَنْهُ أَصْحَابُه

ُ وَإِنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ

“Sesungguhnya seorang hamba yang meninggal dan baru saja dikubur, dia mendengar bunyi terompah (sandal) yang dipakai oleh orang-orang yang mengantarnya ketika mereka sedang beranjak pulang, sampai datang kepada dia dua malaikat”. [Shahihul Jami’ No. 1675].

Lalu datanglah kepadanya dua malaikat yang keras bentakannya , seraya membentaknya serta mendudukannya. Kemudian kedua malaikat bertanya kepadanya " Siapa Rabbmu ? " Ia menjawab " Tuhanku adalah Allah " , Keduanya bertanya lagi " Apa agamamu ? " Ia menjawab " Agamaku Islam " , Kedua malaikat bertanya lagi " Siapa laki-laki yang telah diutus ditengah-tengah kamu itu ? " Ia menjawab " Ia adalah Rasulullah sholallahu alayhi wasalam " , keduanya bertanya  " dari mana engkau tahu ? " , Ia menjawab " Aku membaca Kitabullahi ( alqur'an ) , Kemudian salah satu membentaknya  seraya bertanya " Siapa Rabbmu .? " apa agamamu ? ,siapa Nabimu .? ,Dan itu merupakan fitnah ujian terakhir yang disodorkan kepada seorang yang beriman seperti diisyaratkan Allah ta'ala di dalam firmanNya :

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ

الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ

Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan didunia dan diakhirat, ( Qs. Ibrahim : 27 ).

Kemudian orang beriman tersebut menjawab " Rabbku Allah, agamaku Islam , dan Nabiku Muhammad sholallahu alayhi wasalam .

Setelah itu terdengar suara penyeru yang berseru dari langit
" Sungguh benar hambaKu ,maka hamparkanlah untuknya permadani dari syorga , pakaikanlah kepadanya pakaian dari syorga serta bukakanlah untuknya pintu menuju ke Syorga "
Rasulullah  melanjutkan " Kemudian harum dan wewangian syorga pun berhembus kepadanya serta dilapangkan baginya kuburannya sejauh matanya memandang " dalam riwayat lain: diserupakan kepadanya seorang lelaki yang berwajah tampan ,berpakaian bagus serta menebarkan aroma harum seraya berkata " Aku akan mengabarkan kepadamu suatu kabar yang menggembirakanmu . Aku mengabarkan keridhoan dari Allah swt serta syorga-syorga yang didalamnya penuh dengan kenikmatan yang kekal . Ini adalah harimu yang dijanjikan untukmu .?. Ia ( jenazah ) itu berkata " juga bagimu semoga Allah mengabarimu dengan kabar yang baik ,siapakah anda sesungguhnya ..? Wajahmu mencerminkan wajah orang yang membawa kebaikan . Laki-laki itu menjawab  " Aku adalah amal sholihmu .Demi Allah ,tidaklah aku mengetahuimu selain kamu adalah orang yang selalu bersegera dalam mengerjakan ketaatan kepada Allah serta menahan diri dalam kemaksiatan kepada Allah ,sehingga Allah memberimu balasan "

Setelah itu dibukakan pintu syorga baginya seraya dikatakan " Ini tempatmu ,dan dia melihat tempatnya kelak di syorga seraya berkata " Yaa Tuhanku segerakanlah kiamat supaya aku bisa dapat berkumpul kembali dengan keluargaku dan hartaku " . Kemudian dikatakan kepadanya " Diamlah dengan damai " .

Demikianlah perjalanan Ruh orang yang beriman ,dimana Allah meliputinya dengan perlindungan.Semoga Allah yang maha agung lagi maha tinggi menempatkan kita semua di dalam syorga yang penuh dengan segala kenikmatannya. Amiin


Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِ

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan ".( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------

Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik tanda
 < < < - >>> atau BERANDA

Klik dsini - ->>  topariil.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tata tertib berkomentar di blog top aril
1.Sopan , membangun.
2. Singkat dan bebas SARA.

Silahkan pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. terima kasih